Pria Melakukan Kekerasan Bisa Disebabkan Tinggal Bersama Ortu

21 Jul 2009
Banyak penyebab kekerasan yang dilakukan oleh pria, dari mulai faktor ekonomi, Cemburu, Pekerjaan, dll. Tapi jangan salah jika kali ini ada sebab lain yang dapat juga berpotensi menyebabkan kekerasan pria yaitu dikarenakan hidup/tinggal bersama orang tua.

Ada sebuah penelitian oleh Professor Jeremy Cold dan Dr Ming di Universitas Queen Mary, London, Inggris mengungkapkan bahwa "kebanyakan dari pria yang melakukan kekerasan adalah mereka yang tinggal bersama orang tua". Penelitian tersebut dilakukan untuk mengamati perubahan perilaku laki-laki dewasa di negara tersebut. Dari survey terhadap 8.000 pria dan perempuan, mereka diberi pertanyaan seputar perilaku kekerasan yang pernah mereka lakukan.

"Hasilnya terbukti, pria yang telah tinggal sendiri jarang melakukan perilaku kekerasan dan pola hidup yang berantakan. Alasannya karena mereka dipaksa untuk bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri termasuk dalam hal finansial.

Sedangkan kebanyakan pria yang tinggal bersama orang tuanya, terbiasa dengan segala fasilitas dari orang tua. Ia pun tak memiliki tanggung jawab finansial apapun. Mereka terbiasa hidup tanpa tanggung jawab. Dan biasanya pola hidup mereka penuh dengan hura-hura, alkohol serta kekerasan" (detikhot.com)

Hasil suatu penelitian harus dihormati sebagai produk akademis, namun tidak secara otomatis hasil tersebut selaras dengan perilaku masyarakat Indonesia. Untuk itu, perlu adanya penelitian lebih lanjut atau karya serupa dengan obyek masyarakat Indonesia. Mengingat ada perbedaan budaya dan nilai-nilai yang bisa jadi dapat membuat hasil sangat berbeda dengan hasil penelitian di Inggris. (Cak Rohman)

0 komentar:

 
 
Copyright © KAHMI UIN Malang